KLUBEUFORIA.COM
Berita & Gaya Hidup

Dampak Buruk yang Akan Dirasakan Jika Salah Memilih Pipa untuk Saluran Air

0 0

Dampak Buruk yang Akan Dirasakan Jika Salah Memilih Pipa untuk Saluran Air – Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) memang kerap dijadikan sebagai pipa saluran air di rumah karena kualitasnya yang sudah terjamin. Di samping itu, kelas pipa PVC yang cukup beragam pun membuat banyak pemilik rumah lebih memilih menggunakan pipa PVC dibanding dengan pipa jenis lainnya. Meskipun begitu, ketika memilih pipa PVC untuk saluran air di rumah, maka sebaiknya jangan sampai salah pilih karena akan membawa dampak buruk. Adapun beberapa dampak tersebut adalah sebagai berikut:

Pipa sangat mudah sekali pecah ketika digunakan untuk saluran air.

Dampak pertama yaitu pipa akan lebih mudah pecah saat digunakan untuk menyalurkan air di rumah, apalagi pipa tersebut ditaruh di dalam tanah. Ada baiknya gunakanlah pipa bertekstur lentur dengan tujuan untuk mencegah pipa agar tidak pecah. Selain itu, pastikan tidak memilih pipa bertekstur keras maupun tipis karena akan lebih gampang pecah.

Usia pipa menjadi semakin singkat.

Sekarang ini, memang banyak produsen pipa yang memproduksi pipa yang bisa digunakan sampai 10 tahun. Nah, baiknya pilihlah jenis pipa yang bisa digunakan hingga puluhan tahun mendatang. Jangan memilih pipa hanya karena harganya murah, tapi ternyata malah umur pipanya sangat singkat bahkan hanya bisa digunakan selama 6 – 1 tahun saja.

Air tidak bisa disalurkan dengan baik.

Dampak lainnya yang bisa dirasakan ketika salah memilih pipa adalah air tidak bisa disalurkan dengan baik. Sebagai contoh, menggunakan pipa berukuran besar untuk menyalurkan air bersih, cara ini memang tidak salah akan tetapi memakai pipa ukuran besar untuk saluran air bersih dikhawatirkan nanti airnya malah terbuang percuma. Atau, sebaliknya, memakai pipa berukuran kecil untuk mengalirkan pembuangan di rumah, tentu cara ini dapat mengganggu penyaluran air pembuangan tersebut. Untuk itu, jangan sampai salah pilih pipa, ya!

Lingkungan sekitar menjadi tercemar.

Yang paling parah adalah lingkungan sekitar pun turut tercemar. Apalagi, jika menggunakan pipa untuk saluran air kotor, ditaruh di luar ruangan, dan pipa pecah tentu ini akan membawa pengaruh buruk pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pintarlah dalam memilih agar tidak berdampak pada lingkungan.

Sekian penjelasan mengenai dampak buruk yang akan ditimbulkan jika salah dalam memilih pipa untuk saluran air. Untuk mencegah hal-hal, pilihlah produk pipa air Rucika yang sudah 40 tahun dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Selain memilih produk pipa PCV Rucika, lakukan maintenance secara rutin sehingga pipa saluran air bisa lebih tahan lama.

READ  6 Hal Ini Niscaya Dirasakan Oleh Kau Yang Berusia 20-An

Semoga bermanfaat, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.